Senin, 09 Juli 2012

Cara tracking default setting jaringan komputer pada satu Komputer

Hal ini bermula dari permintaan kerabat untuk membantu problem jaringan komputer di kantornya. Di sana PC server sebelumnya telah diganti dengan yang PC yang baru, tapi mungkin karena terburu-buru atau memang lupa, setting jaringan dari PC sebelumnya tidak dicopy / dicatat, dan tampaknya setting jaringan yang coba diterapkan pada PC tersebut, membuatnya tidak bisa mengakses Internet, meskipun LAN tetap lancar.


Saat itu satu-satunya yang bisa dipastikan adalah ip address dari PC server itu sendiri. Dalam kasus ini OS yang digunakan adalah Windows 7 dan setting jaringan menggunakan IPv4.


Ada pepatah "malu bertanya sesat di jalan". Meski terkadang menjadi tantangan tersendiri saat lebih sedikit petunjuk yang didapat (ip address). Maka dari itu cara terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan bertanya pada Komputer itu sendiri, sehingga dalam hal ini kita tidak perlu malu, dan tidak malu-maluin, hehe...  :)


Mau tahu caranya?



Cara paling mudah sebenarnya "melirik" setting jaringan pada PC yang lain. Namun karena saat itu yang bermasalah adalah PC server, bisa jadi settingannya berbeda. Jadi langkah-langkah  yang dapat dilakukan adalah:


1. Menggunakan cmd (ketik cmd pada kolom search + Enter). Kemudian coba ping ip address yang digunakan / diduga sebagai gateway (contoh: ketik ping 192.168.1.1)


Hasil terbaik adalah Loss 0 % (alias Lancar Jaya), tapi apabila hasilnya berbeda atau bahkan tidak menyambung sama sekali (Loss 100%), bisa jadi ip address gatewaynya keliru, dan inilah salah satu faktor tidak terhubungnya PC pada jaringan Internet. (dengan catatan, jaringan fisik kabel LAN tidak ada masalah)


2. Jadi bagaimana cara mengetahui (Tracking) ip address gateway yang dapat digunakan?


Mudah saja, yaitu pertama-tama rubah setting jaringan menjadi Obtain pada ip address maupun dns di  Local Area Connection, kemudian restart PC tersebut.


Setelah menyala kembali, silahkan klik Details pada Local Area Connection Status, Hola!!


Perhatikan pada baris IPv4 default gateway, angka di sebelah kanannya adalah ip address gateway yang dapat digunakan.


Juga perhatikan pada baris IPv4 DNS Servers, disitu tercantum DNS yang akan digunakan untuk terhubung ke Internet.


Abaikan baris IPv4 Address, karena ip tersebut hasil setting obtain sebelumnya, dan dalam hal ini ip address sudah ditentukan / diketahui.


3. Langkah terakhir, silahkan setting ulang Local Area Connection pada PC, dengan cara mengisikan ip address yang telah didapatkan sebelumnya melalui bertanya pada Komputer (Tracking). Diantaranya adalah ip address gateway dan ip address DNS.


Selamat Mencoba... ^^

Tidak ada komentar: