Kamis, 26 Juli 2012

Apple stop Safari browser untuk Windows?


Pengguna Windows pasti akan terkejut saat mencoba mendownload Safari Browser di situs Apple, karena tampaknya link download untuk platform Windows lenyap entah kemana.

Mangacu laporan resminya, Apple sedang melakukan pembersihan besar-besaran situsnya dari beberapa link download untuk Safari versi Windows, waktu yang tepat bersamaan rilis terbaru dari browser tersebut hari ini (Safari 6).

Safari versi Windows bisa jadi dipeti matikan, tapi Apple belum memberikan pernyataan final tentang itu, dan pengguna Windows masih bisa menemukan Safari versi 5.1.7 untuk Windows dengan sedikit bersusah payah berburu di seputar Apple’s support pages. Itupun bila sedang beruntung.

Banyak spekulasi berkembang tentang mengapa Apple melakukan hal itu, diantaranya adanya kemungkinan bahwa Apple tidak tertarik lagi untuk mengembangkan sumberdayanya bagi platform Windows, dan lebih berfokus pada pengembangan OS besutannya sendiri, yaitu OS X Mountain Lion.
Sedangkan dari sisi pemakai, Adrian Kingsley Hughes dari Forbes menyatakan, bahwa apabila dia sedang menggunakan Mac OS X Platform, Safari browser sangat layak untuk digunakan, namun saat beralih ke Windows Platform, Safari browser akan menjadi pilihan terakhir setelah, Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, bahkan Internet Explorer.

Maka, bisa jadi langkah Apple untuk meniadakan Safari browser untuk platform Windows, lebih menjadi suatu harapan daripada kejutan.


Tidak ada komentar: