Jumat, 13 Juli 2012

Android dan Apple iOS masih memimpin pasar Smartphone Amerika

Nielsen merilis hasil pengamatan periodik mereka pada pasar Smartphone AS dan seiring dengan yang telah diperkirakan, dua pertiga dari pembeli ponsel di AS telah beralih ke smartphone pada kuartal ke-2 tahun 2012, dimana hasil tersebut telah diprediksi sebelumnya.

Android masih memimpin dalam hal penetrasi murni hingga akhir Juni kemarin, menyumbang 51,8% dari penggunaan smartphone (atau naik dari 50,4% pada kuartal ke-1 tahun 2012), dikuntit oleh Apple IOS tepat di belakangnya dengan perolehan 34%. 


Rasanya tidak terlalu buruk untuk Apple, karena mereka masih memiliki pangsa produsen tertinggi sejauh ini, yaitu 34% di kuartal ke-2 tahun ini, dengan Samsung menempel ketat dibelakangnya.

Hasil pengamatan yang menunjukkan bahwa kedua platform ini masih memegang tempat pertama dan kedua sebenarnya tidak mengejutkan, karena sangat sesuai dengan biaya yang dikeluarkan. 




Data Nielsen juga menunjukkan bahwa RIM (BlackBerry) masih menempel di posisi ketiga, meskipun masih mengalami penurunan pada kuartal ke-2 tahun ini, dengan menyumbang 8,1% bagi pangsa pasar smartphone. Sisanya hanya menempati sekitar 5% saja.


Data Nielsen masih menempatkan platform Microsoft yang cukup tua, yaitu Windows Mobile dengan menyumbang 3% dari pasar smartphone pada kuartal 2, 2012. Dengan 1,3% diantaranya adalah Platform terbaru Windows Phone. 

Dengan sedikit keberuntungan, Microsoft telah belajar beberapa hal untuk mengumpulkan dukungan dari para pengembang aplikasi yang cukup untuk menempatkan Windows Phone 8 mereka lebih tinggi dalam peringkat yang diharapkan, namun hanya waktu yang akan membuktikan siapakah dari perusahaan-perusahaan di atas telah begitu cerdas untuk memenangkan persaingan pada teknologi Mobile Operating System yang akan datang. (PT)



Tidak ada komentar: