Rabu, 18 Juli 2012

Smartphone untuk Lansia

Usia lanjut? Kakek-Nenek bisa pakai Smartphone? Ya, tidak salah. Judul di atas bukan sekedar bercanda. Saat ini Fujitsu sebagai salah satu produsen perangkat dari Jepang, sedang bekerja keras untuk menciptakan Smartphone yang mencegah kesalahan tapping pada gerakan motorik tangan dari para lansia.

Produk ini dinamai F-12D, perangkat tersebut merupakan sebagian dari serangkaian produk perusahaan Jepang yaitu Raku-Raku, yang namanya berarti “mudah di gunakan”, dimana seluruh design produknya mengkhususkan pada teknologi mudah bagi pengguna usia lanjut.

Sampai saat ini, F-12D dioperasikan pada versi Android yang masih belum diketahui, dan tampaknya Fujitsu sedang bekerja bersama Google untuk mendesain antarmuka baru untuk mencegah tapping berlebihan pada touchscreen dan icon.


Salah satu penyesuaian yang dilakukan oleh Fujitsu, adalah meningkatkan kemampuan perangkat untuk mengabaikan tapping yang tidak disengaja pada layar. Jadi, saat pengguna menyentuh (tapping) pertama kali, yang muncul hanyalah efek highlight. Aplikasi baru akan berjalan pada sentuhan kedua, dimana sebelumnya akan melewati “clickable screen” sebagai konfirmasi sehingga dapat terhindar dari “false touch”.

Sebenarnya RIM dengan Blackberry Storm telah menerapkan teknologi serupa, namun tampaknya fitur “clickable screen” tidak menarik perhatian pasar.

Rencananya, Smartphone dari Fujitsu ini akan diluncurkan di Jepang pada Agustus 2012. Dan, Fujitsu menambahkan bahwa mereka bermaksud memperkenalkan F-12D ke pasar luar negeri juga. Maka, sepertinya tidak akan lama lagi Kakek dan Nenek sudah bisa menerima kado berupa Smartphone. ^^' 

Tidak ada komentar: