Senin, 16 Juli 2012

Tren pelaku pasar pada industri Teknologi

Sejarah mencatat, bahwa Konstituen industri teknologi identik selalu berubah setiap 10 tahun. 
Di tahun 1990, telcos dan produsen komputer mendominasi sepuluh perusahaan terbesar. IBM mewakili lebih dari 35% dari jumlah dari Top-10 teratas,  dan 4 perusahaan terbesar memegang lebih dari 75% pangsa pasar. Pembuat perangkat lunak Microsoft muncul di 10 besar untuk pertama kalinya. Verizon kemudian dikenal sebagai GTE, hasil dari entitas pada saat itu.

Pada tahun 2000, pembuat perangkat lunak menggeser produsen perangkat keras sebagai pemimpin pasar. Pertumbuhan kebutuhan akan IT memicu booming yang menuntut adanya software dengan teknologi terbaru. Microsoft akhirnya melampaui IBM, yang keluar dari daftar 10 besar. Oracle membuntuti erat dan bertahan dengan adanya permintaan untuk database perusahaan. Jaringan dan telekomunikasi sempat tertinggal saat penjualan PC menjadi Booming karena Telcos telah menyediakan infrastruktur jaringan untuk menghubungkan jutaan terminal.


Pada 2012, Internet mobile menjadi trend terkuat. Samsung dan Apple langsung melejit. Penyedia layanan mobile membentuk kelompok besar seperti  ATT, Verizon, China Mobile dan Vodafone. Menjadi sebuah kebangkitan, manakala IBM yang berfokus pada penyedia software, bergabung dengan Microsoft dan Oracle, dan menitik beratkan pada software untuk perusahaan. Google masuk ke dalam peringkat sebagai peserta tunggal yang berupaya mewujudkan bisnis internet murni.
Melalui semua itu, Microsoft dan Intel adalah satu-satunya perusahaan yang bertahan pada perubahan tiap decade, membuktikan bahwa pengejaran yang tanpa henti akan penemuan dan inovasi Teknologi terkini.


Tidak ada komentar: